Tips Cara Pintar Bicara di Depan Umum

Pintar ngomong atau Pintar Bicara sebenarnya bukanlah hal yang susah jika kita memahaminya. Cara Pintar Bicara atau cara Pintar ngomong didepan orang banyak/umum adalah hal yang harus anda ketahui jika anda merasa kurang bisa berbicara didepan orang banyak. Semua orang ada kekurangannya, dan kadang kekurangan itu ada untuk bisa diperbaiki, bahkan kadang kekurangan bisa dijadikan sebagai kelebihan.
pintar bicara

Hal yang utama yang harus anda kuasai agar bisa pintar ngomong atau bicara di depan Umum adalah rasa percaya diri, percaya akan kemampuan diri sendiri. Ini adalah hal mutlak yang harus anda miliki. Bagai mana membangun kepercayaan diri untuk bisa tampil berbicara di depan umum, sebenarnya mudah saja asalkan kita mau berusaha untuk bisa.

Untuk Pintar Berbicara atau ngomong didepan umum, inilah caranya :

Mulailah dari lingkup kecil
Lingkup kecil disini seperti mulai dari berbicara dengan diri sendiri di depan cermin,
rajin2 memberi pendapat jika ada diskusi antara teman2,
rajin2 mengemukakan pendapat dalam rapat,
lambat laun pasti anda akan terbiasa berbicara di depan umum.

Perbanyak wawasan
untuk memperbanyak wawasan, anda perlu banyak membaca,menonton tv, dan mencari hal-hal baru. Wawasan disini berfungsi agar anda punya banyak bahan untuk diceritakan

Rekam Aktifitas latihan anda
Merekam latihan anda akan sangat berguna bagi anda untuk melatih tata bahasa dan gaya berbicar aanda. Dengan merekam pembicaraan anda, anda bisa mereview kembali kata-kata anda, disitu anda bisa mengoreksi diri anda.

Menghilangkan Grogi
Grogi merupakan ganguan psikis yang umum didapatkan saat akan berbicara didepan umum. Bahkan pembicara professionalpun kadang masih merasa grogi untuk berbicara. Untuk mengatasinya adalah dengan banyak berlatih dan perbanyak jam terbang. Jika anda merasa grogi, hal yang harus anda lakukan adalah mencoba tenang dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian tahan, lalu mulai berbicara dengan perlahan-lahan. Dengan begitu, suara yang keluar akan kembali datar dan intonasinya pun terjaga.

Kontak Mata
Hal pertama yang sebaiknya anda lakukan sebelum mulai berbicara adalah dengan menatap mata dan wajah orang-orang disekitar anda atau audiense anda. Hal ini sangat berguna agar perhatian terfokus kepada anda, hal ini pun akan meningkatkan kepercayaan diri anda dengan sendirinya.

Itulah yang bisa saya tuliskan mengenai cara untuk pintar Bicara di depan Umum, semoga tulisan uni bermanfaat :)